ABSTRAK

Laporan ini berisi tentang pelaksanaan kerja praktik yang telah dilakukan oleh pelaksana di PT L’Oreal Indonesia pada tanggal 3 Juni 2011 hingga 3 September 2011. Pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana dalam kegiatan kerja praktik ini adalah sebagai asisten bagi Supply Chain Implant untuk salah satu customer terbesar L’Oreal Indonesia, yaitu Carrefour Indonesia. Gambaran pekerjaan yang dilakukan pelaksana adalah untuk memaksimalkan pemenuhan order dari Carrefour Indonesia melalui beberapa aktivitas seperti Service Level Reconciliation, On Shelf Availability Analysis, Stock on Hand Analysis, Top 10 Stock Keeping Unit Sales Report Analysis, dan hal-hal lain yang terkait dengan data alignment antara Carrefour Indonesia dan L’Oreal Indonesia. Pengetahuan yang didapatkan pelaksana dari mata kuliah Supply Chain Management, Enterprise Resource Planning, Customer Relationship Management, dan Komunikasi Bisnis dan Teknis, sangat berkontribusi besar dalam pengerjaan kerja praktik ini. Meskipun begitu, dalam pelaksanaan kerja praktik, pelaksana tidak luput dari kendala yang dihadapi baik dari segi teknis materi kerja praktik ataupun dari segi adaptasi lingkungan baru. Beberapa masalah dihadapi oleh pelaksana seperti ketidakseragaman data, istilah baru yang kurang familiar, dan lain sebagainya. Namun pada akhirnya pelaksana dapat mencari solusi dari semua masalah tersebut. Pelaksana telah mendapatkan pengalaman di dunia industri Consumer Goods, pemahaman proses bisnis perusahaan Consumer Goods, serta pengalaman dalam berinteraksi dengan customer dari segi supplier. Pelaksanaan kerja praktik membuat pelaksana merasakan bagaimana tuntutan yang dihadapi dalam dunia kerja.