ABSTRAK

Pelaksana melaksanakan kerja praktik selama 6 minggu dimulai pada tanggal 4 Juli 2011 sampai dengan 12 Agustus 2011 pada PT. Artajasa Pembayaran Elektronis (PT. Artajasa). PT. Artajasa merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang jasa layanan transaksi elektronis. Sebagai perusahaan yang menyediakan jasa layanan pembayaran elektronis yang terkemuka, PT. Artajasa memiliki jumlah pelanggan yang banyak sehingga mendorongnya untuk melakukan transaksi sertifikasi pelanggan secara rutin untuk menjamin keabsahan dari layanan yang diberikannya. Pelaksanaan sertifikasi pelanggan secara rutin tersebut mendorong PT. Artajasa untuk membuat sebuah sistem yang dapat membantu pengelolaan setiap proses sertifikasi yang dilaksanakannya. Berkaitan dengan latar belakang tersebut, PT. Artajasa menugaskan kepada pelaksana dalam kerja praktiknya untuk membangun sistem yang dapat mendukung workflow dari proses sertifikasi pelanggan tersebut agar berjalan dengan efisien dan terkelola dengan baik. Sistem pendukung workflow proses sertifikasi ini dibangun secara bertahap melalui proses perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan deployment yang dilakukan oleh pelaksana bersama dengan rekan pelaksana kerja praktik. Kerja praktik yang telah dilaksanakan oleh pelaksana selama 6 minggu menghasilkan sebuah sistem dengan spesifikasi teknis sesuai perumusan yang dibuat pada tahap perencanaan dan selama proses kerja praktik, beserta pendokumentasian dari setiap tahapan yang dilaksanakan berupa project plan, analysis & design report, beserta user manual.