ABSTRAK

Laporan ini hasil dari pelaksanaan kerja praktik di PT. Lucky Abadi Textile Factory selama enam minggu (18 Juli – 26 Agustus 2011). Kerja praktik ini memiliki fokus utama pada otomatisasi sistem HRD di PT. Lucky Abadi Textile Factory khususnya dalam fungsi payroll management dan recruitment. Pelaksanaan kerja praktik ini digunakan untuk mengetahui apakah antara SOP (Standard operating procedure) perusahaan dengan sistem yang baru diimplentasikan oleh bagian HRD terdapat kesesuaian dan kompabilitas. Dengan membandingkan dua variabel ini, didapat hasil bahwa output yang dikeluarkan telah sesuai dengan proses bisnis di bagian HRD khususnya pada sistem Payroll and Recruitment dan memenuhi semua requirement dari beberapa sample kebutuhan karyawan serta SOP yang berlaku. Untuk ke depannya, perlu diperhatikan perihal keselarasan antara divisi IT dan HRD agar tidak terjadi kesalahan komunikasi. Laporan ini disertai latar belakang bagaimana penulis dapat melakukan kerja praktik di PT. Lucky Abadi Textile Factory dan profil perusahaan tersebut, serta deskripsi singkat tentang apa saja yang dikerjakan penulis selama melakukan kegiatan kerja praktik. Pada bagian analisis, penulis memaparkan tentang kesesuaian antara perkuliahan dengan pembelajaran dalam kerja praktik, juga tentang kendala dan solusi yang ditemukan oleh penulis, serta beberapa hal menyangkut evaluasi kerja praktik. Kesimpulan dan saran dari penulis ikut disertakan pada penutup laporan.