ABSTRAK

Teknologi Informasi (TI) merupakan faktor yang sangat penting untuk jalannya bisnis dan transaksi perbankan. Pemanfaatan TI tersebut harus dikelola dengan baik agar TI selalu selaras dengan tujuan besar perusahaan dan mampu mengimbangi perkembangan bisnis di dunia perbankan. Untuk itu dibutuhkan adanya penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan overview tentang penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi di Bank Syariah Mandiri sebagai starting poin untuk merancang sebuah roadmap demi mencapai tingkat kemapanan Tata Kelola Teknologi Informasi yang sesuai dengan target bisnis dalam 5 tahun mendatang. Untuk mengukur tingkat kemapanan Tata Kelola Teknologi Informasi digunakan kerangka kerja CobiT 4.1 yang akan dipadukan dengan ITIL v3. Setelah diperoleh hasil pengukuran tersebut, proses-proses TI yang masih harus ditingkatkan akan dianalisa menggunakan Effort-Impact-Grid dengan mengikutsertakan berbagai faktor internal perusahaan (people, process, technology, structure, budget) untuk menentukan proses mana yang mendapatkan prioritas. Dari hasil analisa inilah penulis akan menyusun sebuah roadmap untuk meningkatkan kemapanan penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi di Bank Syariah Mandiri.