ABSTRAK

Situs e-commerce penyedia informasi properti di Indonesia sudah cukup banyak. Namun dari situs-situs tersebut, belum terdapat perbedaan yang cukup signifikan karena fitur yang ditawarkan serupa. Padahal dengan menawarkan fitur tambahan yang berbeda dapat meningkatkan competitive advantage dari situs tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi pengembangan yang disusun berdasarkan analisis kualitas layanan dan SWOT. Analisis kualitas layanan dilakukan dengan cara mengukur ekspektasi dan kepuasan pengunjung. Instrumen penelitian berupa kuesioner disusun berdasarkan struktur SERVQUAL dengan aspek-aspek pertanyaan menurut kategori kualitas web. Kuesioner kemudian disebarkan melalui social media dan mendatangi stand di pameran properti. Analisis fitur juga dilakukan untuk melihat perbandingan antara situs dalam dengan luar negeri. Hasil analisis tersebut kemudian dipetakan ke dalam matriks SWOT. Hasil pengolahan data dari 101 repsonden menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung masih berada di bawah harapan pengunjung. Hasil analisis ini kemudian dijadikan panduan untuk menyusun strategi pengembangan. Terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan, antara lain melengkapi informasi properti dengan informasi pendukung, melakukan kerjasama dengan pihak lain, dan marketing online.