ABSTRAK

Pelaksana melaksanakan kerja praktik di PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM), tbk (Jl. Japati no.1 Bandung) selama sembilan minggu terhitung mulai tanggal 20 Juni 2011 sampai dengan tanggal 19 Agustus 2011. TELKOM merupakan perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. TELKOM mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 12,4 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 23,5 juta. TELKOM memiliki dan juga mengelola beberapa sistem dan aplikasi untuk menunjang para pelanggannya. Pelaksana mendapat kepercayaan untuk turut serta dalam proyek pengembangan Content Management System (CMS) pada web Selfcare TELKOM, tepatnya yaitu membangun modul ecommerce yang menjadi modul extend yang akan digabungkan dengan aplikasi web self care speedy existing. Proyek pengembangan CMS ini bertujuan untuk mengembangkan Selfcare sebagai aplikasi layanan pelanggan bersifat front-end, agar jauh lebih efektif dan fleksibel dengan tujuan untuk meningkatkan Customer Relationship Management (CRM). Salah satunya yaitu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk-produk TELKOM dan memberikan kepuasan pelanggan, dikarenakan banyaknya reward-reward dan promosi-promosi untuk pelanggan yang menggunakan produk-produk TELKOM. Pelaksana fokus terhadap pembangunan aplikasi e-commerce pada web Selfcare yang nantinya diintegrasikan dengan Internet Payment System (IPS) yang berperan sebagai aplikasi back-end nya untuk keperluan sistem pembayaran secara elektronik. Dalam membangun modul e-commerce pada web Selfcare TELKOM pelaksana menggunakan framework CMS Drupal 7, setelah sebelumnya pelaksana melakukan analisis mendalam dalam pemilihan framework CMS. Baik pelaksana maupun penyelia KP merasa cukup puas dengan hasil pekerjaan selama pelaksanaan kerja praktik.