Salah satu aspek utama dari story generation adalah bagaimana menghasilkan sebuah cerita yang “menarik”. Meskipun ada begitu banyak aspek yang berpengaruh, sebuah aspek yang pasti mempengaruhi seberapa “menarik” sebuah cerita adalah alur yang menyusun cerita tersebut. Oleh karena itu penulis ingin membuat sebuah sistem yang bisa menghasilkan rancangan alur cerita anak-anak berjenis fabel menggunakan pendekatan kecerdasan buatan yaitu sebagai sebuah knowledge base. Struktur perancangan alur cerita yang dibangun penulis menggunakan sistem perancangan cerita pada Picture Books (Hong, Solis, Siy, & Tabirao, 2008) dan SUMO stories (Cua, Manurung, Ong, & Pease, 2010) sebagai acuan dasar. Knowledge base yang disusun penulis akan terbagi menjadi dua bagian utama yaitu Story Structure Knowledge dan Story World Knowledge. Knowledge base diimplementasikan menggunakan SUO-KIF (SIGMA) dan Prolog dengan keluaran yang memiliki format tertentu. Hasil keluaran dari knowledge base yang telah diimplementasikan kemudian dievaluasi secara kualitatif dengan dua buah pendekatan.