Kajian ini merupakan studi kasus perencaan strategis sistem informasi di PT. Stratage. Pada awalnya PT. Stratage bergerak di bidang pelatihan professional Teknologi Informasi (TI). Namun seiring dengan perkembangan kebutuhan pasar, PT. Stratage merubah portofolio bisnisnya menjadi perusahaan yang jugabergerak di bidang solusi TI, meliputi layanan teknologi terintegrasi dan konsultasi inovasi bisnis. Saat ini perubahan tersebut belum diikuti dengan pengembangan strategi dan infrastruktur sistem informasi yang mendukung strategi bisnis dan kemampuan bersaing perusahaan. Hal ini mendorong perlunya dibuat perencanaan strategis sistem informasi yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Studi akan diawali dengan proses perencanaan, kemudian berturut-turut melakukan kegiatan untuk menganalisis kondisi PT. Stratage, menginterpretasikan kebutuhakan bisnis, menentukan strategi bisnis sistem informasi, dan menentukan strategi teknologin informasi. Untuk menganalisis kondisi lingkungan perusahaan (eksternal dan internal) akan digunakan analisis competitive Forces dan Value Chain. Sedangkan untuk mengetahui faktor strategis dan strategi bisnis perusahaan akan digunakan analisis SWOT. Analis Critical Success Factor dan Portofolio Model McFarlan akan digunakan untuk menginterpretasikan kebutuhan bisnis serta prioritas aplikasi sistem informasi pada saat ini dan ke depan. Hasil akhir yang diharapkan dari kajian ini adalah suatu usulan perencanaan stragis sistem informasi PT. Stratage, untuk menunjang portofolio bisnisnya yang baru.
|
|