ABSTRAK

Balai Telekomunikasi dan Informatika Perdesaan (BTIP) adalah suatu badan di bawah Dirjen Pos dan Telekomunikasi, Kementrian Komunikasi dan Informatika RI. Badan yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) ini berkewajiban dalam penyelenggaraan, pengelolaan, penyediaan, serta pembiayaan sarana dan prasarana telekomunikasi dan informatika di daerah pedesaaan. Penulis dan rekan satu tim, yaitu Niken Listya Pratiwi dan Yansy Ayuningtyas Hady melaksanakan kerja praktik di BTIP sejak 1 Juli 2010 hingga 13 Agustus 2010. Kerja praktik yang dilakukan berupa pengembangan Aplikasi USO Call Center sebagai tool pendamping dalam program Desa Berdering. Aplikasi ini merupakan web-based application untuk lingkup internal yang berfungsi mempermudah proses penerimaan keluhan dari masyarakat dan pengelolaan laporan rutin sebagai salah satu informasi penunjang keputusan dalam peningkatan layanan BTIP di masa yang akan datang.