Keberadaan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan ini membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi nasional. E-commerce memberikan harapan baru kepada para pemula bisnis untuk mengembangkan usaha dan memasarkan produknya kepada masyarakat dengan biaya yang relatif lebih kecil serta pasar yang lebih luas dan tertarget. Traffic pengunjung merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan e-commerce dalam memasarkan suatu produk. Memiliki posisi Search Engine Result Page (SERP) yang tinggi merupakan cara yang efektif dalam memperoleh traffic. Fakta menunjukkan website yang berada di halaman atas hasil pencarian search engine akan mendapatkan traffic yang lebih tinggi daripada website yang muncul di halaman bawah hasil pencarian. Google sebagai salah satu search engine terbesar di dunia yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet terus meningkatkan kemampuan algoritma pencariannya dalam menyaring informasi yang paling relevan dan akurat sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Sayangnya, teknologi Google yang ada saat ini belum sepenuhnya mampu mewakili manusia dalam menentukan keakurasian suatu data. Agar website yang dihasilkan oleh para pemilik website sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Google (bisa berjalan sesuai dengan kriteria algoritmanya), Google memberikan panduan dalam membangun website yang optimal seperti menyediakan informasi tentang isi halaman yang akurat melalui penggunaan meta tag, struktur navigasi yang baik, struktur URL yang search engine friendly, dan sebagainya. Langkah pengoptimalan website ini dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Masalahnya, banyak pemilik website yang tidak memiliki pengetahuan tentang SEO. Hal ini dapat menimbulkan kesalahpamahan antara informasi utama yang ingin disampaikan oleh pemilik website dengan interpretasi yang dilakukan oleh Google. Akibatnya, sebuah website yang seharusnya mempunyai konten yang relevan dan lebih berhak ditampilkan di halaman atas posisi pencarian, dengan optimasi yang buruk bisa dipandang Google sebagai suatu website yang kurang relevan. Skripsi ini bertujuan untuk menjembatani antara pemilik website dan Google dengan menyediakan fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mengoptimasi websitenya sehingga penilaian Google dapat dilaksanakan secara lebih obyektif.