ABSTRAK
Nama : Latifah Helmy M
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Pengembangan Kerangka Kerja dan Analisa Pengukuran
Tingkat Kesiapan Implementasi Electronic Customer Relationship Management
Organisasi: Studi Kasus pada Perusahaan Start-Up
Semakin meningkatnya persaingan yang dihadapi oleh organisasi dan bisnis
berbasis internet di Indonesia menuntut adanya diferensiasi agar bisnis dapat tetap
bertahan dalam persaingan. Diferensiasi ini tidak hanya dari segi produk dan
layanan yang diberikan, tetapi juga terkait bagaimana pengelolaan hubungan
antara konsumen dan organisasi dengan solusi electronic customer relationship
management (e-CRM). Akan tetapi implementasi e-CRM ini masih sering
mengalami kegagalan dan pada akhirnya merugikan organisasi . Oleh karena itu,
sebelum melakukan implementasi e-CRM organisasi perlu untuk menganalisis
kesiapannya (e-CRM readiness) agar implementasi e-CRM tersebut bisa berjalan
dengan baik.
Dalam penelitian ini dikembangkan suatu kerangka kerja yang akan digunakan
untuk mengukur tingkat kesiapan implementasi e-CRM pada dua organisasi startup
di Indonesia yaitu gantibaju.com dan beoscope.com. Kerangka ini
dikembangakan dengan bantuan pendapat dari para ahli, dan juga menggunakan
metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sedangkan untuk uji coba
penggunaan kerangka yang dikembangkan, dilakukan wawancara terhadap
manajemen dari kedua start-up tersebut terkait aspek-aspek yang dipergunakan
untuk mengukur kesiapan e-CRM.
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat tiga belas faktor
kesiapan dengan bobot yang berbeda-beda yang dapat digunakan untuk penilaian
terhadap tingkat kesiapan organisasi dalam melakukan implementasi e-CRM.
Hasil pengukuran kesiapan implementasi e-CRM pada dua organisasi studi kasus
menunjukkan bahwa gantibaju.com sudah cukup siap untuk melakukan
implementasi e-CRM walaupun sebaiknya organisasi membenahi beberapa faktor
agar resiko kegagalan dapat dikurangi. Sedangkan beoscope.com masih dianggap
tidak siap untuk melakukan implementasi e-CRM karena masih banyak faktor
yang belum cukup memadai.
Kata Kunci:
CRM, electronic CRM, AHP, kesiapan, start-up
|
|