ABSTRAK Nama : Latifah Helmy M Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Kerangka Kerja dan Analisa Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi Electronic Customer Relationship Management Organisasi: Studi Kasus pada Perusahaan Start-Up Semakin meningkatnya persaingan yang dihadapi oleh organisasi dan bisnis berbasis internet di Indonesia menuntut adanya diferensiasi agar bisnis dapat tetap bertahan dalam persaingan. Diferensiasi ini tidak hanya dari segi produk dan layanan yang diberikan, tetapi juga terkait bagaimana pengelolaan hubungan antara konsumen dan organisasi dengan solusi electronic customer relationship management (e-CRM). Akan tetapi implementasi e-CRM ini masih sering mengalami kegagalan dan pada akhirnya merugikan organisasi . Oleh karena itu, sebelum melakukan implementasi e-CRM organisasi perlu untuk menganalisis kesiapannya (e-CRM readiness) agar implementasi e-CRM tersebut bisa berjalan dengan baik. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu kerangka kerja yang akan digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan implementasi e-CRM pada dua organisasi startup di Indonesia yaitu gantibaju.com dan beoscope.com. Kerangka ini dikembangakan dengan bantuan pendapat dari para ahli, dan juga menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sedangkan untuk uji coba penggunaan kerangka yang dikembangkan, dilakukan wawancara terhadap manajemen dari kedua start-up tersebut terkait aspek-aspek yang dipergunakan untuk mengukur kesiapan e-CRM. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat tiga belas faktor kesiapan dengan bobot yang berbeda-beda yang dapat digunakan untuk penilaian terhadap tingkat kesiapan organisasi dalam melakukan implementasi e-CRM. Hasil pengukuran kesiapan implementasi e-CRM pada dua organisasi studi kasus menunjukkan bahwa gantibaju.com sudah cukup siap untuk melakukan implementasi e-CRM walaupun sebaiknya organisasi membenahi beberapa faktor agar resiko kegagalan dapat dikurangi. Sedangkan beoscope.com masih dianggap tidak siap untuk melakukan implementasi e-CRM karena masih banyak faktor yang belum cukup memadai. Kata Kunci: CRM, electronic CRM, AHP, kesiapan, start-up