ABSTRAK
Nama : Fatimah Azzahro
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Penetapan Fungsionalitas Service Automation Pada
Hospital Information Systems Menggunakan Konsep
Servqual: Studi Kasus Rumah Sakit Haji Jakarta
Skripsi ini membahas tentang fungsionalitas Customer Relationship Management
(CRM), khususnya fungsi service automation yang disarankan untuk diterapkan di
rumah sakit dengan studi kasus Rumah Sakit Haji Jakarta agar dapat
meningkatkan kualitas layanan rumah sakit. Dalam menetapkan fungsionalitas
yang disarankan, penulis menggunakan konsep SERVQUAL sebagai landasan
yaitu konsep yang fokus kepada kualitas layanan. Penulis menggunakan
wawancara dan kuisioner dalam mengumpulkan data. Wawancara dilakukan
kepada manajer IT rumah sakit, sedangkan kuisioner diberikan kepada dua orang
ahli untuk mendapatkan expert judgement. Wawancara dan kuisioner disusun
berdasarkan fungsionalitas CRM yang telah didefinisikan oleh Buttle dan juga
berdasarkan konsep AHP. Buttle membagi fungsionalitas CRM menjadi tiga
kategori yaitu marketing automation, sales-force automation dan service
automation. Dalam pengerjaan skripsi ini, penulis mengambil service automation
sebagai fokus utama karena rumah sakit, sebagai objek studi kasus, tidak memiliki
banyak fungsionalitas marketing automation atau sales-force automation yang
dapat digali oleh penulis. Hasil wawancara dan kuisioner yang telah didapat
kemudian diolah dan dianalisis sehingga penulis mengetahui bahwa tidak semua
fungsionalitas service automation perlu diterapkan di Rumah Sakit Haji Jakarta.
Penetapan fungsionalitas service automation yang disarankan, disusun
berdasarkan prioritas faktor SERVQUAL yang dapat ditingkatkan oleh rumah
sakit.
Kata kunci:
CRM, SERVQUAL, service automation
|
|