ABSTRAK
Nama : Windy Adam
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Sentimen Produk dan Layanan Menggunakan
Social Media Data Pada Corporate Twitter: Studi Kasus
Perusahaan Seluler XYZ
Pemanfaatan media sosial untuk menangani pelanggan dikenal sebagai social
Customer Relationship Management (s-CRM). Namun masih banyak perusahaan
yang memanfaatkan media sosial tanpa memanfaatkan lebih jauh social media
data yang ada. Perusahaan menjadi tidak menyadari dan memahami vital insight
customer yang terdapat pada media sosial. Tujuan penelitian ini memanfaatkan
social media data pada Twitter perusahaan untuk analisis sentimen yang
merupakan bagian dari customer experience terkait produk dan layanan
Perusahaan Seluler XYZ. Penulis melakukan observasi terhadap sejumlah tweets
yang ditujukan kepada perusahaan, kemudian hasil penetapan keyword dari tweets
dipetakan untuk menganalisa customer experience dan sentimen. Keseluruhan
proses pengolahan tweets merupakan bentuk kontribusi penulis.
Kata kunci:
social CRM, customer experience, analisa sentimen
|
|