ABSTRAK Nama : Yessica Sari Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Fungsionalitas Customer Relationship Management pada Modul Marketing Automation untuk Destination Management System : Studi Kasus XYZ.com Skripsi ini membahas tentang fungsionalitas marketing automation yang sesuai untuk sebuah destination management system yang mengambil studi kasus pada xyz.com. Fungsionalitas marketing automation merupakan salah satu bagian dari fungsi customer relationship management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsionalitas marketing automation apa saja yang sudah terdapat pada destination management system dan mencoba untuk menerapkan fungsionalitas marketing automation yang belum terdapat pada destination management system tersebut. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur, observasi langsung sebagai pengguna, dan validasi melalui metode expert judgement. Hasil penelitian berupa 12 fungsionalitas marketing automation dan 6 usulan fitur baru yang dapat menunjang atau mendukung fungsionalitas marketing automation. Dengan adanya usulan fitur ini diharapkan dapat menambah nilai dari xyz.com. Kata Kunci : marketing automation, destination management system, CRM, fungsionalitas