Skripsi ini menjelaskan tentang pemanfaatan media sosial sebagai di bidang e-commerce B2C dengan studi kasus sebuah online marketplace di Indonesia, yaitu Blibli.com. Perusahaan yang menjalankan bisnis e-commerce B2C sangat memerlukan media sosial agar dapat berinteraksi dan berhubungan dengan pelanggannya karena pelanggan sekarang dapat dengan mudah membagi pengalaman mereka terhadap suatu perusahaan atau merek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi dalam proses pengumpulan data. Penulis menemukan sejumlah fitur dalam media sosial yang bisa digunakan dalam e-commerce. Selanjutnya, penulis juga memberikan rekomendasi berupa fitur-fitur pada media sosial yang dapat digunakan oleh Blibli.com. Penulis menunjukkan contoh penggunaan fitur dari sejumlah situs media sosial. Penggunaan fitur dalam media sosial diharapkan dapat membantu dalam menciptakan dan meningkatkan interaksi serta hubungan antara pelanggan dengan Blibli.com.
Kata Kunci:
Media sosial, electronic commerce, B2C, fitur.
|
|