ABSTRAK Nama : Grinano Ardhi Wibowo Program Studi : Sistem Informasi Judul : ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP E-COMMERCE Beberapa tahun belakangan ini media sosial sangat digemari oleh masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Penggunaan media sosial kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di Indonesia. Karakteristik pada media sosial ada dua, yakni interaksi dan kontribusi dari penggunanya. Melalui dua hal tersebut, menurut Teori Pengaruh Sosial akan muncul dua pengaruh sosial, yakni pengaruh sosial normatif dan informasional. Pengaruh sosial inilah yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya perubahan perilaku seseorang, khususnya keinginan dalam melakukan pembelian pada e-commerce. Penelitian ini melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang muncul dari penggunaan media sosial terhadap intensi membeli seseorang pada e-commerce. Melalui penyebaran kuesioner yang kemudian dilakukan analisis data, didapat beberapa faktor yang mempengaruhi keinginan seseorang dalam melakukan pembelian. Faktor-faktor tersebut adalah hubungan interaksi media sosial, komitmen media sosial, pengaruh sosial normatif, pengaruh sosial informasional, intensi mengunjungi dan intensi pembelian pada e-commerce. Melalui analisis yang lebih lanjut, didapat pengaruh sosial informasional menjadi faktor utama yang mempengaruhi keinginan seseorang dalam melakukan pembelian pada e-commerce. Kata kunci : E-commerce, Media Sosial, Teori Pengaruh Sosial, Pengaruh Sosial Normatif, Pengaruh Sosial Informasional