ABSTRAK
Nama : Grinano Ardhi Wibowo
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP
E-COMMERCE
Beberapa tahun belakangan ini media sosial sangat digemari oleh masyarakat
dunia, khususnya Indonesia. Penggunaan media sosial kini telah menjadi bagian
dari gaya hidup masyarakat di Indonesia. Karakteristik pada media sosial ada dua,
yakni interaksi dan kontribusi dari penggunanya. Melalui dua hal tersebut,
menurut Teori Pengaruh Sosial akan muncul dua pengaruh sosial, yakni pengaruh
sosial normatif dan informasional. Pengaruh sosial inilah yang kemudian dapat
menyebabkan terjadinya perubahan perilaku seseorang, khususnya keinginan
dalam melakukan pembelian pada e-commerce. Penelitian ini melakukan analisis
terhadap faktor-faktor yang muncul dari penggunaan media sosial terhadap intensi
membeli seseorang pada e-commerce. Melalui penyebaran kuesioner yang
kemudian dilakukan analisis data, didapat beberapa faktor yang mempengaruhi
keinginan seseorang dalam melakukan pembelian. Faktor-faktor tersebut adalah
hubungan interaksi media sosial, komitmen media sosial, pengaruh sosial
normatif, pengaruh sosial informasional, intensi mengunjungi dan intensi
pembelian pada e-commerce. Melalui analisis yang lebih lanjut, didapat pengaruh
sosial informasional menjadi faktor utama yang mempengaruhi keinginan
seseorang dalam melakukan pembelian pada e-commerce.
Kata kunci : E-commerce, Media Sosial, Teori Pengaruh Sosial, Pengaruh Sosial
Normatif, Pengaruh Sosial Informasional
|
|