ABSTRAK
Riset pasar terbaru memperkirakan bahwa pasar TV berbayar akan meningkat dua kali lipat dalam dua tahun ke depan di Indonesia. Pasar yang terus berkembang telah menarik penyedia jasa baru (perusahaan) untuk melayani pasar dan sehingga meningkatkan persaingan di antara para penyedia jasa. Kondisi ini memaksa perusahaan untuk mampu memantau dan menganalisis kinerja mereka setiap hari, bukan lagi per minggu atau bulan - periode pengukuran kinerja menjadi lebih pendek. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi bisnis intelijen (BI) sebagai solusi untuk manajemen kinerja dan pengukuran bisnis terutama dalam bidang penjualan dan pemasaran di F Vision. Untuk mengembangkan solusi BI tersebut, dilakukan proses wawancara terhadap General Manager di F Vision. Dari hasil wawancara tersebut, kemudian dikembangkan solusi BI dengan menggunakan metodologi pengembangan BI yang umum, yang meliputi: pengembangan datawarehouse, metadata repository dan presentasi BI. Sedangkan teknologi yang dipergunakan untuk mengembangkan solusi BI tersebut adalah produk database dan Business Intelligence dari Oracletm. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan data warehouse (3 tabel fakta dan 12 tabel dimensi) dan prototipe aplikasi kecerdasan bisnis dalam bentuk analisis dan presentasi dashboard untuk tujuan manajemen kinerja penjualan. Dashboard yang telah dihasilkan meliputi fungsi-fungsi: brand analysis, customer Analysis, serta historical trend analysis. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pihak manajemen untuk membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.
|