ABSTRAK

Salah satu model pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi selain metode pendidikan konvensional adalah model pendidikan jarak jauh. Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) ke-45 di Indonesia dengan menerapkan sistem jarak jauh dan terbuka. Peran teknologi informasi dalam penyelenggaraan proses pendidikan di Universitas Terbuka menjadi strategis pada saat ini dimana perkembangan teknologi terutama internet dan fasilitas pendukungnya telah menjadi kebutuhan baik itu untuk keperluan pelayanan internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan keselarasan strategis antara teknologi informasi dan bisnis yang diterapkan di Universitas Terbuka dengan menggunakan model kematangan keselarasan strategis (strategic alignment maturity model – SAMM) Luftman sebagai kerangka kerja pengukuran tingkat kematangan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa tingkatan kematangan keselarasan strategis antara teknologi informasi dan bisnis yang dimiliki oleh Universitas Terbuka berada di level 3 yang artinya keselarasan TI dan bisnis di UT telah terbangun dan memiliki fokus dalam mencapai sasaran-sasaran strategis Universitas. Strategi TI telah mulai diakomodasi dalam strategi bisnis. Pengelolaan aset TI telah melalui tahapan perencanaan serta berkembang bersama mitra kunci organisasi. Penelitian ini kemudian mengidentifikasi lima atribut keselarasan yang perlu untuk ditingkatkan nilai kematangan keselarasannya, yaitu peran penghubung dalam organisasi, pengelolaan anggaran, service level agreement, lingkungan kewirausahaan dan inovasi, pusat kekuasaan dalam membuat keputusan TI, serta gaya manajemen dalam organisasi.