ABSTRAK

Teknologi internet mulai diterima dalam bidang pendidikan. Peran ini dirasakan oleh pihak institusi pendidikan (sekolah) yaitu guru dan siswa. Bagi siswa, salah satu kepentingan yang digunakan yaitu untuk belajar dan menyelesaikan tugas sekolah. Namun, penggunaan internet ternyata membawa dampak negatif bagi pelajar yaitu pelajar menjadi malas membaca karena hanya menyadur langsung, bermain internet seperti facebook, twitter dan game online sehingga mengakibatkan nilai menjadi turun. Sedangkan bagi guru, fungsi penggunaan internet memberikan wawasan informasi yang luas sehingga dapat melakukan pemutakhiran materi belajar serta penanganan administrasi sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengukur korelasi penggunaan internet terhadap peningkatan prestasi siswa tingkat menengah atas di Madrasah Aliyah Citra Cendekia yang meliputi aspek kesiswaan, tujuan penggunaan, manfaat penggunaan, fungsi, waktu penggunaan dan kemampuan dalam menggunakan internet. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear. Metode ini melibatkan variabel penggunaan internet yang akan dibandingkan dan diukur dengan variabel parameter kemampuan siswa berdasarkan peraturan pemerintah, hasil kuesioner, observasi serta literatur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei sehingga hasilnya akan memberikan gambaran bagi institusi pendidikan, guru, siswa dan wali siswa bahwa penggunaan internet akan memberikan pengaruh terhadap siswa selaku peserta ajar.