ABSTRAK
Media teknologi yang berkembang pesat saat ini yaitu situs sosial media. Jutaan orang di seluruh dunia terhubung dalam jaringan sosial yang luas pada internet melalui situs-situs jejaring sosial, berbagi minat yang sama, teman, dan informasi pribadi. Media sosial memungkinkan orang untuk menyampaikan pesan ke masyarakat lebih luas dan lebih cepat lagi. Facebook sebagai situs jejaring sosial dengan lebih dari 900 juta pengguna memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan sosial, politik, maupun bisnis baik positif atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik kepribadian pengguna yang mempengaruhi pengaruh sosial dalam penerimaan facebook di Indonesia melalui tiga fase penerimaan sosial media, yaitu: percobaan, adopsi dan penggunaan berkelanjutan. Penelitian ini melakukan studi kuantitatif pada pengguna facebook di Indonesia tentang pengalaman mereka dengan Facebook. Subyek ditanya tentang tiga tahap penerimaan media sosial dan karakter kepribadian. Pengaruh sosial pada media sosial menjadi sangat penting dalam memberikan masukan kepada pengguna baik dari segi sosial, politik maupun bisnis.
|