ABSTRAK

Jumlah perguruan tinggi swasta yang semakin bertambah banyak membuat persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat. Universitas Budi Luhur (UBL) sebagai perguruan tinggi swasta di Indonesia harus memiliki strategi untuk menghadapi persaingan ini. Untuk mencapai visi dan misi, UBL harus memanfaatkan SI/TI dalam membantu pencapaian tujuan bisnis. Sistem yang ada di cabang UBL yang ada di Roxy dan Salemba masih belum terintegrasi dengan pusat, hal ini memungkinkan adanya duplikasi data, selain itu pengurusan dokumen di Biro Penjaminan Mutu masih manual hal ini menjadi salah satu yang menyebabkan kesulitan dalam menjaga standarisasi mutu untuk ISO 9001:2000. Untuk mengatasi permasalahan yang ada dibutuhkan perencanaan strategis SI/TI di UBL yang dapat membantu pencapaian tujuan bisnis dan visi UBL. Perencanaan SI/TI ini akan menggunakan metodologi Ward & Peppard sebagai acuan. Metode analisis yang digunakan antara lain adalah five forces, Matrik McFarlan, PEST, Value Chain, CSF, dan tren teknologi. Hasil dari perencanaan strategis SI/TI ini antara lain adalah strategi SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI. Strategi SI menghasilkan portofolio aplikasi yang dibagi dalam 3 kategori yaitu buat baru (SI Registrasi Online, SI Penjaminan Mutu, SI procurement, SI Keluhan, Sistem Penunjang Keputusan, Distance Learning, dan SI Mahasiswa), Upgrade (SI akademik, SI alumni, SI Riset, SIK, Portal, SI HRD, dan SI Perpustakaan), dan tetap (e-learning). Strategi TI terdiri dari pengembangan arsitektur sistem informasi 3-tier, DRC, dan sistem backup. Strategi manajemen SI/TI terdiri dari penetapan visi dan misi biro TI, strategi operasional, strategi organisasi, dan strategi pengembangan SI. BCR (Benefit-Cost-Ratio) akan digunakan untuk mengestimasi manfaat SI yang dikembangkan. BCR Sistem informasi Registrasi Online 8.22, Sistem Penjaminan Mutu 4.02, Sistem Procurement 2.83, Sistem Keluhan 1.32, Distince Learning 1.22, SI Mahasiswa 1.07, Portal Universitas 6.44, SI Akademik 3.28, SI HRD 2.72, SI Keuangan 2.20, Sistem Penunjang Keputusan 2.03, SI Riset 1.60, SI Alumni 1.07, SI Perpustakaan 1.06. Roadmap pengembangan SI UBL terdiri dari 4 tahap. Tahap 1, pengembangan SI Registrasi Online, SI Penjamin Mutu, SI HRD, SI Akademik, SI Keuangan, SI Riset, SI Perpustakaan. Tahap 2, Pengembangan SI Keluhan, SI Procurement, SI mahasiswa, SI Alumni. Tahap 3, Pengembangan Portal Universitas dan Distance Learning. Tahap 4, Pengembangan sistem penunjang keputusan.