ABSTRAK

Selama beberapa dekade terakhir dunia industri telah memandang Sistem Informasi & Teknologi Informasi (SI/TI) menjadi bagian dari komponen penting keunggulan strategis. Persaingan di dunia bisnis yang semakin kompleks menimbulkan tantangan bagi para pelaku bisnis untuk mempertahankan pelanggan hingga meningkatkan jumlah pelanggan. Salah satu faktor demi menarik kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan pelayanan yang lebih cepat dan akurat dibandingkan pesaing. Akhir-akhir ini solusi untuk mewujudkan tujuan di atas adalah dengan mengintegrasikan sistem informasi yang ada dalam setiap unit bisnis (business unit). Penelitian dilakukan dengan menggunakan model perencanaan strategis sistem informasi Ward & Peppard. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan hasil observasi dan wawancara sebagai data sekundernya. Setiap tahapan analisis di penelitian akan dilakukan dengan menggunakan metode – metode yang bersesuaian. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Perencanaan Strategis SI/TI yang meliputi strategi SI, strategi manajemen SI/TI hingga strategi TI yang selaras dengan strategi bisnis pada PT. Gunung Agung, Tbk. sebagai upaya untuk meningkatkan manfaat investasi SI/TI, efektifitas pemberdayaan SI/TI, memberikan pengaruh positif terhadap kinerja organisasi dan merumuskan strategi bisnis dan strategi SI/TI. Portofolio aplikasi yang dihasilkan di penelitian ini diharapkan dapat menciptakan keunggulan kompetitif di PT. Gunung Agung, Tbk. agar dapat lebih bersaing.