Kemampuan Procedural Content Generation dalam sebuah video game mulai menjadi topik yang menarik untuk diteliti di karenakan keinginan untuk menciptakan sebuah video game yang memiliki nilai replayability yang tinggi. Salah satu bagian dari Procedural Content Generation yang belakangan ini mulai mendapat banyak perhatian adalah kemampuan untuk menciptakan quest secara procedural dalam game bergenre Role Playing Game (RPG). Hal ini sangat menarik terutama pada game dalam subgenre Massively Multi Player Online Role Playing Game (MMORPG) yang mengandalkan nilai replayability dari game tersebut sebagai daya tarik utama untuk menarik pemain. Pada tugas akhir ini penulis mengembangkan system yang dapat menghasilkan quest secara procedural, berdasarkan prototype quest generator yang dikembangkan oleh Jonathan Doran dan Ian Parberry dengan menambahkan konsep world state sebagai constraint tambahan untuk menentukan subject dari cerita. System quest generator yang dibuat dirancang agar fleksibel dan mudah untuk digunakan sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk menciptakan sebuah game yang memiliki kemampuan untuk menciptakan quest secara procedural.