ABSTRAKbr.> ABSTRAK
Garuda Sentra Medika (GSM) adalah sebuah Unit Bisnis Strategis (SBU) dari PT. Garuda
Indonesia (persero) yang memiliki fungsi utama melaksanakan pengelolaan fasilitas
kesehatan dan pelayanan kesehatan untuk karyawan Garuda beserta keluarganya, serta
masyarakat umum yang membutuhkan. Pelaksana Kerja Praktik (KP) melakukan tiga
jenis tugas utama yaitu mengelola IT Support, menganalisis flow process General
Business Process, Modul Inventory, dan Modul Medical Logistic, serta membuat
dokumen dan mengawasi jalannya pelaksanaan UAT SIMAK di GSM. SIMAK
merupakan aplikasi front end yang memudahkan GSM dalam melakukan kegiatan
bisnisnya. Selama masa kerja praktik, pelaksana kerja praktik merasakan implementasi
nyata dari berbagai mata kuliah yang selama ini hanya dipelajari di kelas secara teoritis
dan umum. Pelaksana kerja praktik belajar pentingnya berkomunikasi dan mendapatkan
pengetahuan baru terkait pengerjaan flow business process di GSM. Sistem SIMAK yang
dikembangkan sudah cukup baik. Akan tetapi masih diperlukan adanya sosialisasi lebih
mengenai tata cara penggunaan Sistem SIMAK di semua unit kesehatan dan diperlukan
adanya perbaikan pada sistem tersebut agar dapat diimplementasikan dan memenuhi
kebutuhan GSM secara menyeluruh. Output yang yang dihasilkan dari pelaksana kerja
praktik berupa dokumen terkait log yang berisi keluhan user terkait Sistem SIMAK, flow
process dari general business process, Modul Inventory dan Modul Medical Logistic serta
dokumen yang dibutuhkan dalam pelaksanaan UAT.
Kata Kunci : kerja praktik, IT Support, flowchart, business process, SIMAK, inventory,
medical logistic, UAT
|
|