ABSTRAKbr.> ABSTRAK
Bank Indonesia (BI) merupakan institusi negara yang bertugas dalam bidang
moneter, sistem pembayaran, dan pengawasan bank. Sebagai organisasi yang
memiliki aset informasi dalam jumlah besar, BI perlu mengimplementasikan
berbagai sistem informasi yang bertujuan untuk mengelola informasi-informasi
internal maupun eksternal secara elektronik. Hal ini mendorong berbagai proyek
pengembangan sistem informasi diinisiasi, disetujui, dan akhirnya dieksekusi.
Salah satu proyek pengembangan sistem informasi yang diajukan, disetujui, dan
dieksekusi pada tahun 2012 adalah pengembangan Dashboard Crisis
Management Protocol (CMP) yang digunakan untuk memonitor dan menganalisis
indikator-indikator krisis. Penulis melaksanakan kerja praktik di Bank Indonesia
dalam proyek Dashboard CMP ini selama delapan minggu. Hal yang dikerjakan
penulis adalah analisis dan perancangan Solusi Bisnis (SOLBIS), yang akan
digunakan sebagai acuan pengembangan Dashboard CMP. Hasil dari kerja
praktik ini adalah sebuah dokumen Solusi Bisnis.
Kata kunci: kerja praktik, Bank Indonesia, CMP, Solusi Bisnis.
|
|