ABSTRAK
br.>

ABSTRAK Bank Indonesia (BI) merupakan institusi negara yang bertugas dalam bidang moneter, sistem pembayaran, dan pengawasan bank. Sebagai organisasi yang memiliki aset informasi dalam jumlah besar, BI perlu mengimplementasikan berbagai sistem informasi yang bertujuan untuk mengelola informasi-informasi internal maupun eksternal secara elektronik. Hal ini mendorong berbagai proyek pengembangan sistem informasi diinisiasi, disetujui, dan akhirnya dieksekusi. Salah satu proyek pengembangan sistem informasi yang diajukan, disetujui, dan dieksekusi pada tahun 2012 adalah pengembangan Dashboard Crisis Management Protocol (CMP) yang digunakan untuk memonitor dan menganalisis indikator-indikator krisis. Penulis melaksanakan kerja praktik di Bank Indonesia dalam proyek Dashboard CMP ini selama delapan minggu. Hal yang dikerjakan penulis adalah analisis dan perancangan Solusi Bisnis (SOLBIS), yang akan digunakan sebagai acuan pengembangan Dashboard CMP. Hasil dari kerja praktik ini adalah sebuah dokumen Solusi Bisnis. Kata kunci: kerja praktik, Bank Indonesia, CMP, Solusi Bisnis.