ABSTRAK
Nama : Rizka Eka Putri
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Faktor-Faktor Kualitas Informasi pada Jejaring Sosial dan
Official Website yang Mempengaruhi Keputusan untuk
Melakukan Perjalanan Wisata Menurut Perspektif Backpacker
di Indonesia
Saat ini peran teknologi electronic word of mouth via internet semakin
berkembang pesat, salah satunya adalah dengan kemunculan teknologi jejaring
sosial. Jejaring sosial memungkinkan pertukaran informasi dalam skala besar dan
waktu yang sangat cepat, salah satunya adalah informasi terkait destinasi wisata
dan kegiatan wisata. Informasi yang diperoleh dari jejaring sosial tersebut dapat
mempengaruhi kualitas pariwisata yang dirasakan wisatawan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pariwisata
(travel quality) terkait decision dan knowledge pada jejaring sosial dan official
website dan perbandingan keduanya dari sisi dimensi kualitas informasi. Model
penelitian ini dibuat dengan memodifikasi model yang dikembangkan oleh
Schwabe dan Prestipino melalui focus group discussion.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online
ke berbagai komunitas backpacker yang ada di Indonesia. Kuesioner yang masuk
sebanyak 207 dan yang valid sebanyak 205. Data yang masuk tersebut kemudian
dianalisis dengan menggunakan Sructural Equation Modelling dan ANOVA.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa
faktor appropriateness dan believability dari jejaring sosial dan official website
mempengaruhi kualitas pariwisata terkait decision dan knowledge. Faktor lainnya
seperti access dan ease of use hanya berpengaruh jika wisatawan menggunakan
jejaring sosial. Selain itu, temuan lainnya menunjukkan bahwa kualitas informasi
wisata jejaring sosial dan official website memiliki perbedaan yang signifikan
dimana kualitas informasi wisata jejaring sosial lebih baik dari kualitas informasi
wisata official website. Hal ini berimplikasi pada tingkat kepercayaan wisatawan
terhadap informasi di jejaring sosial yang lebih tinggi dibandingkan informasi di
official website.
Kata Kunci:
Access, ANOVA, appropriate, backpacker, believability, ease of use, electronic
word of mouth, jejaring sosial, kualitas informasi, kualitas pariwisata, official
website, Structural Equation Modelling (SEM),
|
|