ABSTRAK

Penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan seorang konsumen FedEx Indonesia dalam menggunakan sebuah sistem pengiriman, yaitu Fedex Ship Manager Software (FSMS). Penelitian ini menggunakan penggabungan dua teori penerimaan teknologi, yaitu Technology Acceptance Model (TAM) dan Task-Technology Fit (TTF). Variabel yang digunakan adalah kemudahan penggunaan, kegunaan teknologi, keinginan menggunakan teknologi, frekuensi penggunaan FSMS, karakteristik individu pengguna teknologi, karakteristik tugas pengguna teknologi, karakteristik teknologi dan kecocokan tugas dengan teknologi yang digunakan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode survey kepada 134 konsumen FedEx yang menggunakan FSMS dan metode yang digunakan untuk estimasi adalah metode Structural Equation Model (SEM). Pada proses pengujian variabel menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) didapatkan hasil karakteristik individu pengguna dan variabel frekuensi penggunaan tidak signifikan dan harus dikeluarkan dari model. Hasil akhir yang didapat dari proses estimasi ini adalah seluruh hipotesis yang diujikan signifikan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah seluruh hipotesis yang diujikan memperoleh hasil yang signifikan, variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini terbukti mempengaruhi penerimaan konsumen FedEx Indonesia dalam menggunakan FSMS.