Dalam era perkembangan internet dan media digital yang semakin pesat, popularitas dari portal berita sebagai penyedia informasi semakin meningkat dengan website traffic yang tinggi. Meskipun popularitas penggunaan portal berita sebagai media konsumsi informasi masyarakat meningkat, ternyata banyak terdapat kesalahan informasi didalam konten yang disajikan oleh portal berita tersebut. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kualitas teknologi dalam portal berita, seperti kualitas informasi, kualitas layanan, dan interaktivitas, berpengaruh terhadap keinginan seorang pengguna untuk kembali mengunjungi sebuah portal berita. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan acuan dua buah model penelitian, yaitu penelitian Lin & Lu terkait pemahaman perilaku pengguna dalam mengakses sebuah situs dan penelitian DeLone & McLean terkait keberhasilan sistem informasi, kedua model tersebut dijadikan acuan dalam mengajukan sebuah model yang menggambarkan pengaruh kualitas faktor-faktor teknologi terhadap keinginan pengguna untuk mengunjungi kembali sebuah portal berita. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan partial least squares terhadap 221 responden yang pernah menggunakan portal berita Indonesia. Penelitian ini meyimpulkan bahwa beberapa dimensi dari kualitas teknologi memang memiliki pengaruh positif terhadap keinginan seorang pengguna untuk kembali mengunjungi portal berita, dengan faktor yang paling memberikan pengaruh paling besar adalah reliability yang merupakan dimensi dari kualitas layanan. Dimensi reliability memberikan pengaruh positif paling signifikan terhadap satisfaction dan preference of a website, yang kemudian memberikan pengaruh positif paling signifikan terhadap intention to revisit website.
|
|