Pemanfaatan teknologi informasi dan Internet sudah banyak diterapkan pada proses jual beli secara online atau dikenal dengan E-Commerce. Sudah banyak situs-situs web E-Commerce Indonesia yang bermunculan, baik yang berbentuk Storefronts, E-Market, ataupun Virtual Community. Namun ternyata masih banyak anggapan masyarakat mengenai rasa kekhawatiran mereka ketika melakukan transaksi secara online, baik di sisi keamanan transaksi maupun kepastian perolehan barang yang sesuai harapan. Untuk itu kepercayaan menjadi suatu faktor yang sangat penting dimiliki oleh situs web E-Commerce Indonesia. Melalui metode observasi, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dan mengetahui ketersediaan parameter-parameter trust pada Situs web E-Commerce Indonesia berdasarkan kategori Site Organization, Customer Relation, Site Management, Customer Satisfaction, Customer Trust, Site Security, Transaction Security, Connectivity, dan Shopping Cart Management. Ruang lingkup penelitian ini adalah sejumlah 100 situs web E-Commerce Indonesia yang telah melalui proses seleksi. Hasil penelitian ini menempatkan situs web bhinneka.com sebagai peringkat pertama pada pemeringkatan keseluruhan situs web E-Commerce yang diteliti.
|
|