ABSTRAK

Pembelajaran dengan menggunakan sistem Elearning pada saat ini sudah menjadi bagian penting suatu Universitas dalam melaksanakan pendidikan. Universitas Pembangunan Nasional “veteran” Jakarta khususnya pada Fakultas Ilmu Komputer sudah menerapkan pembelajaran Elearning untuk mendukung pembelajaran konvensional yang telah diterapkan pada tahun 2007. Berdasarkan persentase penggunaan Elearning oleh para dosen pada semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012 untuk setiap jurusan hanya sekitar 14% – 20%, jurusan S1 Sistem Informasi 14,81%, S1 Teknik Informatika 22,72% dan DIII Manajemen Informatika 21,05%. Hal tersebut menjadi suatu motivasi untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi dosen untuk Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dalam menggunakan Elearning. Theoritical framework yang digunakan pada penelitian ini adalah berdasarkan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang digabungkan dengan model penerimaan Elearning , hasil penelitian sebelumnya yang menganalis mengenai penerimaan terhadap suatu sistem Elearning . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dan pengambilan kesimpulan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan perangkat lunak SmartPLS. Hasil akhir penelitian adalah faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi dosen Fakultas Ilmu Komputer untuk menggunakan sistem Elearning pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.