ABSTRAK

Pengetahuan merupakan hal yang krusial untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan. Manajemen pengetahuan penting dilakukan dalam perusahaan untuk menjamin bahwa setiap pengetahuan yang melekat pada setiap pegawai, dapat menjadi pengetahuan perusahaan juga. PT BCI Asia merupakan sebuah perusahaan jasa media untuk proyek konstruksi. Produk utama BCI Asia yang dijual kepada calon pelanggan adalah Project Leads. Kompleksitas fitur produk Project Leads yang ditawarkan oleh BCI Asia merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi setiap karyawan. Tingkat kemampuan penguasaan karyawan terhadap produk yang baik, tentunya akan mendukung tingkat penjualan. Knowledge Management System merupakan teknologi yang memungkinkan proses pengidentifikasian, pengelolaan dan transfer pengetahuan berjalan efektif dan efisien. Pada penelitian ini menghasilkan rancangan model KMS yang sesuai dengan kebutuhan PT BCI Asia. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pendekatan metodologi Tiwana (Tiwana, 1999) dan analisis faktor kontingensi (Fernandez, 2004). Hasil rancangan model tersebut tertuang pada prototipe yang memiliki fungsi-fungsi untuk menunjang proses manajemen pengetahuan di PT BCI Asia.