ABSTRAK

Fokus dari karya akhir ini adalah untuk mengetahui apa rancangan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang tepat untuk diterapkan di PT. Primacipta Megah Jaya berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ada, seperti misalnya sistem data yang tidak terpusat sehingga rawan terjadi kehilangan data, data yang redundant, pemrosesan order pelanggan hingga product delivery yang memakan waktu cukup lama, serta terkadang kritik dari pelanggan kurang dapat tersalurkan dengan baik ke bagian yang terkait. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall sebagai kerangka kerja dalam melakukan perancangan aplikasi CRM. Untuk mengetahui proses bisnis perusahaan yang akan dijadikan acuan dasar dalam perancangan aplikasi CRM, penelitian ini menggunakan Process Classification Framework (PCF) yang dikeluarkan oleh American Productivity & Quality Center (APQC). Penelitian ini menggunakan notasi UML dalam menghasilkan Use Case Diagram, Use Case Naration, Sequence Diagram, Class Diagram. Penelitian ini juga menghasilkan rancangan User Interface.