ABSTRAK
Beberapa penelitian untuk mengidentifikasi Influential users di Twitter sudah
dilakukan, seperti dengan menggunakan pendekatan Linguistic Inquiry Word
Count (LIWC) pada konten tweet, menganalisa frekuensi interaksi antar pengguna
dan menganalisa posisi user dalam network, serta berdasarkan atribut yang
dimiliki user. Namun penelitian-penelitian tersebut tidak fokus pada influential
user dalam topik spesifik. Penelitian ini akan membuat model untuk
mengidentifikasi influential user pada topik spesifik di Twitter dengan
memanfaatkan atribut-atribut yang dimiliki oleh user, seperti: jumlah follower,
jumlah tweet, jumlah friend, nilai rata-rata retweet, nilai rata-rata favorite, dan
Listed count. Kombinasi antar atribut tersebut mempunyai nilai yang dapat
digunakan untuk mengidentifikasi influential user. Berdasarkan hipotesis tersebut,
penelitian ini membuat sebuah model untuk mengidentifikasi influential user
dengan menerapkan metode-metode klasifikasi: Linear Regression, Naïve Bayes,
dan Support Vector Machine kemudian menguji kinerja masing-masing metode
tersebut untuk mendapatkan jenis metode klasifikasi yang sesuai untuk
permasalahan ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dengan
menggunakan metode Linear Regression dan memanfaatkan atribut yang dimiliki
User (jumlah follower, nilai rata-rata retweet dan nilai rata-rata favorite,
Influential user) dapat diidentifikasi dengan tingkat akurasi sebesar 91.98%.
|