ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Muhammad Rizki Aulia Program Studi : S1 Reguler Ilmu Komputer Judul : Penerapan Customer Relationship Management pada Garuda Frequent Flyer menggunakan Teknologi Mobile berbasiskan Android Laporan ini akan menjelaskan mengenai kerja praktik yang sudah dijalani pada Juni 2013 sampai Agustus 2013. Judul dari kerja praktik yang dijalani adalah “Pengembangan Customer Relationship Management pada Garuda Frequent Flyer untuk Teknologi Mobile berbasiskan Android”. Kerja praktik di Garuda Indonesia dilakukan pada 24 Juni 2013 sampai 2 Agustus 2013 dan dilakukan di kompleks kantor pusat Garuda Indonesia yang terletak di area Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Garuda Indonesia merupakan sebuah perusahaan penerbangan milik pemerintah yang merupakan maskapai terbaik di Indonesia. Garuda Indonesia memiliki sebuah penerapan CRM (Customer Relationship Management) dalam bentuk GFF (Garuda Frequent Flyer) yang terdapat dalam bentuk website. Tugas penulis adalah untuk mengembangkan aplikasi GFF menggunakan teknologi mobile berbasiskan Android. Penulis mengerjakan aplikasi GFF selama enam minggu. Aplikasi yang dibuat oleh penulis nantinya digunakan oleh member GFF untuk menunjang segala kegiatan dan aktivitas yang berkaitan dengan GFF, sehingga semua aktivitas yang sebelumnya dilakukan melalui website, dapat dilakukan melalui aplikasi mobile ini.