Konsumen merupakan tonggak keberhasilan suatu perusahaan. Di masa modern seperti sekarang, profit bukanlah menjadi objektif utama dalam mengelola suatu bisnis karena menjaga hubungan dengan pelangganlah yang saat ini menjadi poin terpenting. Beberapa perusahaan bahkan tidak ingin dikatakan sebagai pencari profit semata, lebih baik dikatakan sebagai customer-centered. Prinsipnya adalah menjaga hubungan dengan konsumen lama lebih baik daripada menarik konsumen baru karena saat ini sudah banyak metode untuk menjaga hubungan dengan konsumen, terutama dengan memanfaatkan teknologi sebagai basis pemasaran. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan jejaring sosial sebagai sarana untuk pemasaran. Namun, karena pemasaran via digital harus memegang teguh konsep realtime, maka dibutuhkan suatu sistem yang memegang kendali seluruh proses customer retention. PT Nestlé Indonesia sangat ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen, karena itu untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan maka dibuat suatu perencanaan untuk mengimplementasikan suatu sistem yang merupakan inti dari proses customer relationship management yang berguna untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan konsumen. Penulis melaksanakan kerja praktik selama sembilan minggu untuk membantu pengimplementasian proyek ini. Penulis ditugaskan untuk mempelajari keseluruhan fitur dan struktur basisdata dari sistem dan menyinkronkan dengan kebutuhan PT Nestlé Indonesia.
|
|