ABSTRAKbr.> Seiring perkembangan suatu perusahaan, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mengelola proyek-proyek yang sudah atau sedang dikerjakan perusahaan tersebut. PT PLN Enjiniring (PLNE) baru-baru ini membeli sebuah aplikasi pengelola proyek bernama PRIMA (Project Integrated Monitoring Application) untuk mengorganisir proyek-proyeknya selama ini dalam bentuk digital. Dalam perjalanannya, aplikasi ini ternyata memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah, aplikasi ini tidak memiliki halaman report yang mencakup laporanlaporan data proyek secara keseluruhan. Sebuah sistem report sangat dibutuhkan oleh perusahaan terutama bagi anggota direksi untuk memantau dan mengawasi jalannya setiap proyek yang dikerjakan oleh PLNE. Dengan adanya sistem report, pemasukan dan pengeluaran terhadap suatu proyek juga dapat dipantau dengan
jelas. Oleh karena itu, pada kerja praktik kali ini, penulis dipercaya oleh perusahaan untuk membangun sebuah aplikasi report sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Selain itu, penulis juga diminta untuk membangun aplikasi report yang khusus untuk klien-klien PLNE agar dapat memonitor proyek-proyek yang dipercayakan kepada PLNE. Secara garis besar, aplikasi ini akan melaporkan informasi penting dari sebuah proyek atau kontrak, seperti rancangan
biaya, biaya, schedule, total pemasukan, dan lain lain. Aplikasi report dibuat berbasis web, sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi ini dimana saja. Durasi pengerjaan kerja praktik adalah 6 minggu sejak bukan Juni hingga Agustus 2013. Dalam pengerjaan aplikasi ini penulis sangat terbantu dengan mata kuliah – mata kuliah yang pernah di pelajari selama ini seperti Perancangan dan Pemrograman Web, Basis Data, dan Proyek Perangkat Lunak. Namun penulis tetap harus mempelajari ulang tools yang digunakan di perusahaan dan mempraktikkan pembelajaran selama kuliah di dunia kerja. Berkat kerja praktik ini, penulis mendapat banyak pelajaran mengenai dunia kerja yang sesungguhnya.
|
|