ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : Mira Suryani
Program Studi : Magister llmu Komputer
Judul : Personalisasi Konten Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan
Tipe Belajar Triple-Factor dalam E-learning
Salah satu isu penelitian yang menarik dan berkaitan perkembangan e-learning
adalah personalisasi dalam pembelajaran. Personalisasi pembelajaran merupakan
sebuah strategi untuk menangkap perbedaan karakteristik pembelajar dan memberikan
perlakukan khusus kepada pembelajar sesuai dengan karakteristiknya. Personalisasi
pembelajaran membantu pemeblajar dalam mengeluarkan performa terbaiknya dalam
belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bertujuan mengakomodasi perbedaan
pembelajar, peneliti mengembangkan sistem personalisasi konten pembelajaran
berdasarkan tipe belajar dari triple-factor. Karakteristik dari tiga puluh enam tipe
belajar triple-factor digunakan sebagai input untuk algoritma personalisasi konten
pembelajaran dalam menghasilkan konten pembelajaran yang sesuai dengan tipe
belajar dari masing-masing pembelajar. Algoritma personalisasi konten pembelajaran
yang diusulkan dikembangkan menjadi sebuah sistem yang disebut SCELE-PDE.
Sistem kemudian diujicobakan pada 118 pembelajar yang terdaftar pada matakuliah
Penulisan Ilmiah (PI) semester gasal tahun ajaran 2013-2014 di Fasilkom, UI sebagai
kelompok eksperimen. Nilai akhir dari kelompok eksperimen dibandingkan dengan
nilai akhir dari kelompok kontrol yang menggunakan non-personalisasi e-learning.
Dari hasil evaluasi diperoleh bahwa pembelajar yang menggunakan personalisasi elearning
memiliki perbedaan performa belajar yang signifikan dengan nilai sig. 0,000
(p<0,05) dibandingkan dengan performa belajar dari pembelajar yang menggunakan
non-personalisasi e-learning. Perbedaan nilai akhir rata-rata tertinggi pada kelompok
tersebut mencapai 13,68.
Kata kunci: personalisasi konten pembelajaran, e-learning, triple-factor, SCELEPDE
|