ABSTRAK
ABSTRAK
Nama : NUR CHASANAH
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul :PENGEMBANGAN MODEL CUSTOMER KNOWLEDGE MANAGEMENT
PADA PERHOTELAN DI PURBALINGGA DENGAN PENGDEKATAN
SOFT SISTEMS METHODOLOGY (SSM)
Pembangunan sektor pariwisata merupakan bagian dari upaya pembangunan nasional yang
sedang dilaksanakan di Indonesia. Perkembangan sektor pariwisata berkembang sangat pesat,
terlihat dari banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Indonesia, seperti
ke Purbalingga, Jawa Tengah. Hotel merupakan salah satu sarana akomodasi yang memiliki
peranan penting dalam perkembangan industri pariwisata. Seiring dengan pergeseran model
pemasaran yang saat ini mengarah pada customer, hotel membutuhkan sebuah model Customer
Knowledge Management (CKM) untuk meningkatkan kualitas hotel dan mendukung pariwisata,
khususnya di Purbalingga. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, hotel merupakan
contoh pasar ideal dimana keuntungan didapatkan dari pengimplementasian Customer
Relationship Management (CRM). Agar penerapan CRM dapat dilakukan secara maksimal maka
diperlukan adanya Knowledge Management (KM) khususnya mengenai customer knowledge
pada perhotelan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan membuat gambaran model
Customer Knowledge Management untuk mengatasi permasalahan yang ada pada perhotelan di
Purbalingga untuk mendukung pariwisata, sehingga dapat ikut berkontribusi pada perkembangan
pariwisata di Indonesia. Penelitian ini merupakan research action dengan metode Soft System
Methodology (SSM) untuk menemukan cara terbaik dalam menghadapi situasi yang harus
dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menghadapi permasalahan pada
perhotelan di Purbalingga. Validasi yang dilakukan untuk penelitian ini antara lain menggunakan
pendekatan secara teoritis, expert judgement dan user pada objek penelitian. Dari penelitian yang
dilakukan, dihasilkan sebuah model Customer Knowledge Management pada perhotelan di
Purbalingga dan rekomendasi yang disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan pada
perhotelan di Purbalingga.
Kata kunci: customer knowledge management, customer relationship management, knowledge
management, soft system methodology, perhotelan.
|