ABSTRAK

internet yang semakin pesat saat ini mendorong hampir semua jenjang pendidikan menyediakan fasilitas internet bagi siswanya, terlebih bagi perguruan tinggi. Fasilitas internet yang seharusnya dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan, membantu pembelajaran serta pengerjaan tugas kuliah sehingga dengan penggunaan internet diharapkan dapat membantu prestasi akademik mahasiswa di kampus. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan diukur keterhubungan antara penggunaan internet terhadap prestasi akademik mahasiswa ranah kognitif di STMIK MDP. Pada penelitian ini, akan diuji apakah variabel penggunaan internet mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa secara langsung atau dimediasi oleh academic self-efficacy. Metode pengambilan data dilakukan dengan convenience sampling terhadap mahasiswa STMIK MDP yang terdiri dari 3 jurusan yakni Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Komputerisasi Akuntansi dan berhasil terkumpul sebanyak 349 data. Data kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan memanfaatkan aplikasi AMOS 22 serta bantuan SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dari 9 hipotesis yang diajukan, 4 hipotesis yang diterima sementara 5 hipotesis ditolak dan diperoleh kesimpulan bahwa motif, tujuan dan fungsi penggunaan internet, pencarian informasi di internet dan waktu penggunaan internet memiliki pengaruh yang signifikan terhadap academic self- efficacy tetapi hanya waktu penggunaan internet yang memiliki pengaruh yang signifikaan terhadap prestasi akademik mahasiswa ranah kognitif.