ABSTRAK

Saat ini banyak cara dalam melakukan investasi, diantaranya adalah investasi dalam bidang pembelian saham perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. PT Kiwoom Securities Indonesia yang merupakan tempat studi kasus ini merupakan salah satu perusahaan yang dapat membantu dalam melayani transaksi jual-beli saham yang dalam melakukan kegiatannya tersebut ditunjang dengan aplikasi HERO S sebagai aplikasi mobile trading. User Experience yang terdapat dalam aplikasi HERO S masih belum sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam melakukan pengembangan aplikasi HERO S tersebut PT Kiwoom Securities Indonesia belum mengetahui user experience aplikasi mobile trading yang diinginkan oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user experience yang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi HERO S. Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan ide-ide baru atau masukan mengenai user experience aplikasi mobile trading dan Hermeneutika Fenomenologi yang akan digunakan dalam menganalisis data tekstual transkrip hasil FGD, sehingga didapatkan daftar user experience aplikasi mobile trading yang dibutuhkan untuk pengembangan tahap selanjutnya dari aplikasi mobile trading HERO S. Pada akhirnya, telah didapatkan sejumlah 13 user experience aplikasi mobile trading yang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi mobile trading HERO S.