ABSTRAK Nama : Rahmi Johanes Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Online Review terhadap Keinginan untuk Melakukan Perjalanan Wisata dilihat dari Karakteristik Informasi, Informan, dan Sistem. Pariwisata adalah industri layanan yang memiliki produk dengan karakteristik intangible dan experience sehingga wisatawan sangat bergantung kepada informasi dan rekomendasi mengenai destinasi wisata dari orang - orang yang sudah pernah berkunjung sebelumnya, contohnya adalah melalui online review untuk mencari informasi yang tidak bias. Online review yang terdiri dari pengalaman, evaluasi, dan pendapat wisatawan yang sudah pernah berkunjung sebelumnya terhadap suatu destinasi wisata, dapat mempengaruhi pembaca dalam mengambil keputusan untuk melakukan perjalanan wisata. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis elemen-elemen online review yang dapat mempengaruhi keinginan pembaca untuk melakukan perjalanan wisata. Elemen-elemen tersebut direpresentasikan ke dalam beberapa variabel dalam model penelitian, yaitu karakteristik informasi (review quality & quantity), karakteristik informan (reviewer indicator & concentration of past information provision indicator), karakteristik sistem (destination indicator), perceived informativeness, destination image, informant expertise, informant trustworthiness, dan intention to travel. Online review yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari situs TripAdvisor. Model penelitian dianalisis menggunakan pendekatan partial least square terhadap 184 responden dengan bantuan aplikasi SmartPLS 20 M3. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) review quality secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keinginan pembaca untuk melakukan perjalanan wisata melalui perceived informativeness; (2) review quantity secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keinginan pembaca untuk melakukan perjalanan wisata melalui perceived informativeness dan destination image; (3) destination indicator secara tidak langsung juga berpengaruh signifikan terhadap keinginan pembaca untuk melakukan perjalanan wisata melalui destination image; (4) informant expertise & trustworthiness tidak berpengaruh sama sekali terhadap keinginan pembaca untuk melakukan perjalanan wisata. Kata Kunci: online review, intention to travel, karakteristik informasi, review quality, review quantity, karakteristik sistem, destination indicator, karakteristik informan, perceived informativeness, destination image, informant expertise, informant trustworthiness, TripAdvisor, travel review