ABSTRAK Nama : Surya Adhi Saputra Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Implementasi IT Service Management yang Berfokus Kepada Penerapan Change Management, Incident Management dan Problem Management Berdasarkan terhadap ITIL V.3 yang Dipetakan pada COBIT 4.1. Studi Kasus PT. Aplikanusa Lintasarta Kebutuhan layanan TI yang semakin bekembang membuat perusahaan penyedia layanan TI seperti Lintasarta harus memaksimalkan layanan yang diberikan ke klien. Untuk itu tentunya Lintasarta sudah memberikan target-target kepada departemen TI miliknya untuk memenuhi target-target dalam proses ITSM yang dijalankan, yang dalam penelitian ini berfokus ke tiga proses saja (incident management, problem management dan change management) karena ketiga proses tersebut yang menjadi fokus pemberian layanan TI di Lintasarta tanpa mengecilkan peran proses lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi penerapan tiga proses ITSM tersebut dan capaiannya jika dibandingkan dengan target yang telah diberikan Lintasarta ke departemen TI miliknya. Untuk membandingkan kondisi terkini dengan target penulis menggunakan self assessment dari ITIL versi 3 dan pemetaannya terhadap COBIT 4.1. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah diketahuinya target yang belum tercapai dan rekomendasi yang diberikan penulis dapat berguna bagi Lintasarta sebagai salah satu penyedia layanan TI terbesar di Indonesia. Kata Kunci: IT Service Management, layanan TI, incident management, problem management, change management, ITIL , COBIT.