ABSTRAK
Nama : Surya Adhi Saputra
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Implementasi IT Service Management yang Berfokus
Kepada Penerapan Change Management, Incident Management
dan Problem Management Berdasarkan terhadap ITIL V.3 yang
Dipetakan pada COBIT 4.1. Studi Kasus PT. Aplikanusa
Lintasarta
Kebutuhan layanan TI yang semakin bekembang membuat perusahaan penyedia
layanan TI seperti Lintasarta harus memaksimalkan layanan yang diberikan ke
klien. Untuk itu tentunya Lintasarta sudah memberikan target-target kepada
departemen TI miliknya untuk memenuhi target-target dalam proses ITSM yang
dijalankan, yang dalam penelitian ini berfokus ke tiga proses saja (incident
management, problem management dan change management) karena ketiga proses
tersebut yang menjadi fokus pemberian layanan TI di Lintasarta tanpa mengecilkan
peran proses lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi penerapan
tiga proses ITSM tersebut dan capaiannya jika dibandingkan dengan target yang
telah diberikan Lintasarta ke departemen TI miliknya. Untuk membandingkan
kondisi terkini dengan target penulis menggunakan self assessment dari ITIL versi
3 dan pemetaannya terhadap COBIT 4.1. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini
adalah diketahuinya target yang belum tercapai dan rekomendasi yang diberikan
penulis dapat berguna bagi Lintasarta sebagai salah satu penyedia layanan TI
terbesar di Indonesia.
Kata Kunci:
IT Service Management, layanan TI, incident management, problem management,
change management, ITIL , COBIT.
|
|