ABSTRAK
Nama : Inas Sofiyah Junus
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Usability Testing dan Rekomendasi Pengembangan Student
Centered E-Learning Environment Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia
SCeLE Fasilkom UI saat ini sudah sangat lekat keberadaannya dalam aktivitas
pembelajaran di Fasilkom UI, serta masih mengalami pengembangan dan penyempurnaan
secara berkesinambungan. Namun, pengujian terhadap aspek usability
SCeLE Fasilkom UI sebagai sistem e-Learning belum pernah dilaksanakan, sehingga
belum diketahui seperti apa penggunaan SCeLE Fasilkom UI sebagai sarana
pendukung perkuliahan di Fasilkom UI, serta hal-hal apa yang dapat membuat atau
menghalangi SCeLE Fasilkom UI menjadi sistem e-Learning yang mendekati ideal.
Dimotivasi oleh hal tersebut, Penulis melihat urgensi untuk menyusun rekomendasi
perubahan sistem SCeLE Fasilkom UI berdasarkan hasil usability testing pada sistem
tersebut yang merefleksikan pengalaman baik mahasiswa maupun dosen, dalam
memanfaatkan sistem e-Learning ini.
Aktivitas pembelajaran yang akan diamati berupa blended mode online learning
yang dijalani oleh mahasiswa Program Sarjana Fasilkom UI. Pelaksanaan pengumpulan
data pada usability testing dilakukan dengan kuesioner dan wawancara untuk
mahasiswa serta wawancara dengan dosen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis
dan dinterpretasi untuk memperoleh data yang berupa identifikasi masalah
usability, serta alternatif solusi. Analisis untuk data kuantitatif menggunakan nilai
central tendency sebagai acuan, adapun analisis data kualitatif dilakukan dengan
metode theme-based content analysis. Interpretasi data dilakukan dengan menentukan
bagaimana penanganan setiap data berdasarkan temanya, serta mengelompokkan
masalah-masalah tersebut berdasarkan tingkat keparahan (severity).
Rekomendasi pengembangan untuk menyelesaikan masalah usability yang teridentifikasi
didasarkan pada data yang berupa saran didukung dengan studi pustaka.
Diperoleh tujuh rekomendasi utama dan satu rekomendasi tambahan. Rekomendasi
utama adalah rekomendasi yang diyakini dapat menyelesaikan setidaknya satu
masalah usability. Adapun rekomendasi tambahan berupa rekomendasi yang tidak
berkaitan langsung dengan masalah usability yang teridentifikasi, namun dianggap
dapat meningkatkan kualitas usability SCeLE Fasilkom UI.
Kata Kunci:
blended mode online learning, e-Learning, kuesioner, pengalaman pengguna,
rekomendasi pengembangan, theme-based content analysis, usability, usability
testing, wawancara
vii
|
|