ABSTRAK
Nama : Swastu Puri Antini
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis dan Perancangan Antarmuka Learning Dashboard
pada Student Centered E-Learning Environment
Penyajian data untuk memonitor aktivitas belajar mahasiswa pada Student-Centered e-Learning Environment (SCELE), masih disajikan dalam bentuk tabular dalam beberapa modul laporan terpisah. Penyajian data ini dapat memakan waktu dan usaha lebih bagi instruktur untuk menganalisis data tersebut. Tujuan dari penelitian adalah merancang prototipe alat visualisasi data (learning dashboard) untuk membantu instruktur dalam menganalisis log data aktivitas siswa pada SCELE. Community of Inquiry model dan user-centered design digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan penelitian ini. Evaluasi perancangan menggunakan informal usability testing melalui wawancara kepada target pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan informasi pada learning dashboard bergantung pada penggunaan course level SCELE setiap mata kuliah. Selain itu, dashboard ini berpotensi untuk membantu instruktur dalam memberikan umpan balik pada mahasiswa atas aktivitas belajar mereka dan menyusun strategi instruksional.
Kata Kunci:
SCELE, dashboard, visualisasi data, Community of Inquiry framework, teaching presence, social presence, cognitive presence
|
|