Website e-commerce merupakan suatu media yang digunakan untuk kegiatan bisnis sehingga manusia dapat bertransaksi kapan pun dan dimana pun.Website e-commerce yang efektif dapat meningkatkan kepuasan pengguna, hal ini ditunjukkan dengan frekuensi jumlah transaksi yang dilakukan penggunanya.Oleh karena itu, studi lebih lanjut mengenai model kepuasan pengguna yang bertransaksi melalui website e-commerce di Indonesia dilakukan pada penelitian ini.Penelitian ini berjenis survei dengan menyebarkankuesioner; baik secara online maupun tidak online, kepada pengguna (member) website e-commerce di Indonesia.Dari hasil penyebaran kuesioner selama ± 1 bulan, responden yang didapat sebanyak 315 orang pengguna (member) website e-commerce di Indonesia.Selanjutnya, hasil pengumpulan data diolah dan disajikan dalam bentuk analisis statistik.Adapun metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis variance, yaitu Partial Least Squares (PLS). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbuktinya kepuasan pengguna yang bertransaksi melalui website e-commerce di Indonesia ditentukan oleh 3 faktor, yaitu: 1) penggunaan; yang di-trigger oleh faktor kualitas sistem dan informasi serta kerahasiaan, 2) komunitas dan 3) dukungan layanan. Berdasarkan penilaian secara keseluruhan, model penelitian hanya mempunyai pengaruh sebesar ± 0.66 (nilai predictive sample: 0.6629) terhadap kepuasan pengguna dan sisanya ± 0.34 belum terdefinisikan dalam model. Diharapkan pada penelitian lanjutan dapat mengembangkan variabel yang belum terdefinisi, yang juga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna yang bertransaksi melalui website e-commerce di Indonesia.
|
|