Para peneliti telah menyadari bahwa keberhasilan e-Learning tidak hanya dipengaruhi oleh sisi teknis, melainkan juga sisi pedagogis. Fasilitator pada kelas online harus dapat memicu peserta didiknya agar menjadi pembelajar aktif, salah satunya adalah dengan memberikan umpan balik secara personal. Namun hal tersebut sulit dilakukan. Oleh karena itu, tercetus ide untuk mengembangkan pedagogical agent yang dapat membantu fasilitator untuk memberikan umpan balik secara otomatis berdasarkan aktivitas peserta didik pada sistem pembelajaran online. Pedagogical agent ini akan diperkaya dengan konsep gamification sehingga lebih menarik. Rancangan pedagogical agent diimplementasikan pada Moodle LMS dan dievaluasi dengan cara melakukan simulasi pembelajaran online selama satu pekan, pengisian formulir evaluasi, serta focus-group discussion. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pedagogical agent dalam bentuk blok tambahan pada course page. Pedagogical agent ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi peserta didik untuk memanfaatkan media pembelajaran online secara optimal, sehingga tujuan pembelajaran tercapai.