ABSTRAK ABSTRAK
Nama : Rana Fathiya Kusuma
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis dan Pembuatan Desain Workflow Service Catalog
Garuda Indonesia Menggunakan ServiceNowTM
Laporan ini berisi tentang pelaksanaan Kerja Praktik (KP) yang dilaksanakan
oleh penulis di PT Aero Systems Indonesia (Asyst). Asyst merupakan salah satu
dari perusahaan yang dimiliki Garuda Indonesia Group yang bergerak di bidang
penyediaan jasa teknologi informasi (TI) untuk industri perjalanan dan
transportasi. Penulis ditempatkan pada subdepartemen Operation Support & IT
Security yang berada di bawah departemen Service Management. Dimulai pada
awal tahun 2014, Asyst sedang mengimplementasi ITILv3. Proses implementasi
tersebut terdiri dari tiga fase. Fase pertama telah selesai diimplementasi, namun
proses Request Fulfillment belum memiliki dokumentasi workflow yang lengkap.
Oleh karena itu, penulis diminta untuk membantu membuat dan melengkapi
workflow tersebut. Pada rencana awal akan dibuat 172 workflow sesuai dengan
jumlah layanan yang ada antara Asyst dengan Garuda Indonesia. Namun, karena
proses pengumpulan requirement dari Garuda Indonesia tidak berjalan sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan, akhirnya desain workflow yang penulis buat
tidak sesuai dengan rencana awal, melainkan berdasarkan hasil mapping request
yang telah penulis kerjakan sebelumnya.
Kata Kunci:
IT Service Management, ITIL, PT Aero Systems Indonesia, kerja praktik
|
|