ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Rana Fathiya Kusuma Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis dan Pembuatan Desain Workflow Service Catalog Garuda Indonesia Menggunakan ServiceNowTM Laporan ini berisi tentang pelaksanaan Kerja Praktik (KP) yang dilaksanakan oleh penulis di PT Aero Systems Indonesia (Asyst). Asyst merupakan salah satu dari perusahaan yang dimiliki Garuda Indonesia Group yang bergerak di bidang penyediaan jasa teknologi informasi (TI) untuk industri perjalanan dan transportasi. Penulis ditempatkan pada subdepartemen Operation Support & IT Security yang berada di bawah departemen Service Management. Dimulai pada awal tahun 2014, Asyst sedang mengimplementasi ITILv3. Proses implementasi tersebut terdiri dari tiga fase. Fase pertama telah selesai diimplementasi, namun proses Request Fulfillment belum memiliki dokumentasi workflow yang lengkap. Oleh karena itu, penulis diminta untuk membantu membuat dan melengkapi workflow tersebut. Pada rencana awal akan dibuat 172 workflow sesuai dengan jumlah layanan yang ada antara Asyst dengan Garuda Indonesia. Namun, karena proses pengumpulan requirement dari Garuda Indonesia tidak berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, akhirnya desain workflow yang penulis buat tidak sesuai dengan rencana awal, melainkan berdasarkan hasil mapping request yang telah penulis kerjakan sebelumnya. Kata Kunci: IT Service Management, ITIL, PT Aero Systems Indonesia, kerja praktik