ABSTRAK
Nama : Isnaeni Nurrohmah
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan dan Evaluasi Online Self-Monitoring Tool
Peralihan cara belajar dari individual dan dependent ke collaborative dan selfregulated
merupakan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa baru. Salah satu
metode menjawab tantangan tersebut adalah dengan melakukan self-monitoring
yang memungkinkan mahasiswa untuk memantau tingkat pemahamannya. Selain
itu, dosen juga membutuhkannya untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Oleh karena itu, muncullah kebutuhan untuk memiliki suatu tool yang dapat
digunakan dosen untuk memberikan pemicu (prompt) dan mengarahkan
pemahaman mahasiswa (scaffolding). Tool berbasis web ini dikembangkan
menggunakan paradigma prototyping dan proses desain interaksi. Fitur-fitur dari
tool yang dikembangkan meliputi membuat prompt, melihat jawaban, dan
memberikan feedback. Hasil pengembangan diuji oleh mahasiswa dan dosen,
menggunakan usability testing. Hasil pengujian kemudian dijadikan salah satu
acuan untuk membuat daftar rekomendasi perbaikan tool yang telah
dikembangkan. Penelitian diakhiri dengan revisi berdasarkan rekomendasi yang
diperoleh.
|
|