ABSTRAK Nama : Isnaeni Nurrohmah Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan dan Evaluasi Online Self-Monitoring Tool Peralihan cara belajar dari individual dan dependent ke collaborative dan selfregulated merupakan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa baru. Salah satu metode menjawab tantangan tersebut adalah dengan melakukan self-monitoring yang memungkinkan mahasiswa untuk memantau tingkat pemahamannya. Selain itu, dosen juga membutuhkannya untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Oleh karena itu, muncullah kebutuhan untuk memiliki suatu tool yang dapat digunakan dosen untuk memberikan pemicu (prompt) dan mengarahkan pemahaman mahasiswa (scaffolding). Tool berbasis web ini dikembangkan menggunakan paradigma prototyping dan proses desain interaksi. Fitur-fitur dari tool yang dikembangkan meliputi membuat prompt, melihat jawaban, dan memberikan feedback. Hasil pengembangan diuji oleh mahasiswa dan dosen, menggunakan usability testing. Hasil pengujian kemudian dijadikan salah satu acuan untuk membuat daftar rekomendasi perbaikan tool yang telah dikembangkan. Penelitian diakhiri dengan revisi berdasarkan rekomendasi yang diperoleh.