ABSTRAK Nama : Daniel Januar Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Desain dan Implementasi RPG Quest Generator Berdasarkan Analisis Struktur Quest dan Pendekatan Planning Problem Role-Playing game (RPG) merupakan salah satu genre di dalam permainan komputer di mana para pemain berperan sebagai seorang karakter tertentu di dunia fiksi. Salah satu elemen RPG yang menarik para pemain adalah alur cerita yang diberikan kepada pemain. Alur tersebut dapat diberikan kepada pemain secara interaktif melalui suatu quest. Terdapat suatu algoritma yang dapat membangun quest secara otomatis yang disebut dengan procedural content generation. Penelitian yang dilakukan adalah membangun RPG quest generator melalui pendekatan planning problem oleh Cheong et al. digabungkan dengan pendekatan quest generator yang dikembangkan oleh Doran dan Parberry yang dapat memberikan suatu quest secara otomatis kepada pemain. Luaran dari sistem ini adalah sebuah dokumen spesifikasi quest yang dapat digunakan oleh permainan RPG untuk dapat dimainkan. Secara sederhana proses yang dilakukan dalam pembuatan suatu quest adalah membuat dokumen suatu planning problem yang menggambarkan kondisi suatu quest, mengolah dokumen tersebut menggunakan partial-order planner dengan dokumen domain planning problem yang menjabarkan daftar objek dan action suatu permainan, dan mengolah solusi parsial tersebut menjadi dokumen spesifikasi quest. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem dapat membangun suatu quest yang fleksibel.