ABSTRAK
Nama : Daniel Januar
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Desain dan Implementasi RPG Quest Generator
Berdasarkan Analisis Struktur Quest dan Pendekatan
Planning Problem
Role-Playing game (RPG) merupakan salah satu genre di dalam permainan komputer
di mana para pemain berperan sebagai seorang karakter tertentu di dunia fiksi.
Salah satu elemen RPG yang menarik para pemain adalah alur cerita yang diberikan
kepada pemain. Alur tersebut dapat diberikan kepada pemain secara interaktif
melalui suatu quest. Terdapat suatu algoritma yang dapat membangun quest secara
otomatis yang disebut dengan procedural content generation. Penelitian yang
dilakukan adalah membangun RPG quest generator melalui pendekatan planning
problem oleh Cheong et al. digabungkan dengan pendekatan quest generator yang
dikembangkan oleh Doran dan Parberry yang dapat memberikan suatu quest secara
otomatis kepada pemain. Luaran dari sistem ini adalah sebuah dokumen spesifikasi
quest yang dapat digunakan oleh permainan RPG untuk dapat dimainkan. Secara
sederhana proses yang dilakukan dalam pembuatan suatu quest adalah membuat
dokumen suatu planning problem yang menggambarkan kondisi suatu quest, mengolah
dokumen tersebut menggunakan partial-order planner dengan dokumen domain
planning problem yang menjabarkan daftar objek dan action suatu permainan,
dan mengolah solusi parsial tersebut menjadi dokumen spesifikasi quest. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa sistem dapat membangun suatu quest yang fleksibel.
|
|