Potensi perkembangan dunia digital di Indonesia, baik dari aspek konsumen atau
pun pengiklan memberikan membuka peluang luar biasa terhadap industri media.
Evolusi dan perubahan yang pesat dibidang teknologi merupakan perubahan
mendasar yang mengakibatkan berubahnya kondisi pasar, iklim bisnis dan
audiens media. Media elektronik seperti e-magazine merupakan sebuah inovasi
yang dilakukan oleh perusahan media cetak untuk menjangkau pengguna yang
lebih banyak. Namun sebuah inovasi tidak secara langsung dapat diterima oleh
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor yang
mempengaruhi pengguna dalam melakukan pembelian e-magazine. Model
penelitian yang digunakan merupakan gabungan dari model penerimaan
teknologi dan resistansi inovasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
menyebarkan kueisoner secara online melalui email dan juga menyebarkan
kuesioner cetak. Pengolahan data dilakukan dengan metode Partial Least Square
(PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Purchase intention secara
signifikan dipengaruhi oleh perceived ease of use dan relative advantage.
|
|